Skip to main content

Biji Mahoni dengan Banyak Khasiat

Tanaman mahoni merupakan salah satu tanaman yang kayunya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan tekstil, dibuat untuk kayu atua papan yang dimanfaatkan untuk membuat lemari, kursi, meja atau aneka ukiran yang cantik. Sering kali kita jumpai tanaman ini di pinggir - pirnggir jalan raya. 
Sumber Gambr : http://infogadogado.com
Tanaman mahoni ini ternyata memiliki salah satu bagian manfaat bagi kesehatan yakni biji dari mahoni. Biji mahoni dipercaya dapat dijadikan sebagai obat alternatif yang dapat menyembuhkan banyak penyakit. Penyakit yang dapat di sembuhkan oleh biji mahoni diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Mengontrol Gula Darah : Manfaat biji mahoni yang lainnya adalah dapat digunakan uintuk mengobati diabete atau penyakit gula darah. Caranya dengan mengkonsumsi 1/2 sdt biji mahoni bubuk dengan air hangat sebelum makan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kandungan saponin yang ada pada tanaman mahoni, langsung bertanggung jawab untuk membantu mengeluarkan gula darah.
  • Menurunkan Tekanan darah tinggi : Seduh 8 gram biji mahoni ke dalam 2 gelas air mendidih. Tunggu hingga dingin, kemudian saring. Minum ramuan tersebut di pagi dan sore, masing-masing 1 gelas. Anda bisa menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit.
  • Demam, masuk angin : Obati demam dan masuk angin dengan ramuan mahoni. Caranya: 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/4 cangkir air panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi hangat, lakukan 2-3 kali sehari.
  • Memperlancar Buang Air Besar : Membantu kelancaran proses metabolisme sehingga Buang Air Besar menjadi lancar. Caranya dengan menghaluskan biji mahoni terus disedu dengan air hangat. Kemudian diminum.
  • Mengurangi Nyeri Haid : Wanita yang sedang mengalami nyeri haid dapat mengekang rasa sakit ini dengan bantuan buah mahoni. Makan sejumput buah mahoni pada hari pertama siklus menstruasi, akan mengurangi rasa sakit.
  • Penangkal Serangga : Biji mahoni yang diambil dalam bentuk bubuk, dapat berfungsi sebagai semacam semprotan penangkal serangga. Secara khusus, saponin dalam bijinya cenderung untuk mencegah serangga.
Disamping manfatnya yang sangat baik bagi kesehatan ternyata biji mahoni memiliki beberapa efek samping jika di konsumsi tidak sesuai aturan. diantara nya efek samping karena kan fungan yang terdapat dalam biji mahoni dalam jumlah tertentu akan meningkatkan resiko terjadinya kolesterol pada cairan empedu, yang pada akirnya akan menimbulkan batu empedu. Disamping itu juga bertindak sebagai steroid.  Maksimal dosis untuk mengkonsumsi biji mahoni adalah per hari adalah 200 mg. untuk menjaga keamanan serta mendapatkan manfaat yang baik dari biji mahoni sangat di rekomendasiakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada petugas kesehatan.

Comments