Skip to main content

Kahsiat Ciplukan Bagi Kesehatan

Bagi kalain yang lahir di era - 90 an pasti tidak asing dengan tanaman yang satu ini yaitu ciplukan. Biasanya ciplukan sangat mudah ditemui di pekarangan rumah ataupun di semak - semak. Dahulu ciplukan sangat mudah untuk didapatkan dan didapatkan dengan percuma alias gatis. Namun beberapa tahun belakangan ciplukan sudah sangat sulit untuk di jumpai karena sering dianggap sebagai tanaman penggangu.
Sumber Gambar : https://kabartani.com/panduan-lengkap-dan-mudah-budidaya-tanaman-ciplukan-yang-berkualitas-tinggi.html
 
Belakangan ini ciplukan menjadi buah perbincangan banyak kalangan setelah banyak kabar yang beredar bahwa harga buah ciplukan ini cukup mahal. Akhir - akhir ini beredar di media sosial foto bungkusan ciplukan dengan label pada kemasan dengan harga Rp30.957 per 60 gram. Artinya buah tanaman kerabat leunca Solanum nigrum itu dibanderol lebih dari Rp500.000 per kg.
 
Setelah di telusuri ternyata dibalik harga yang cukup fantastis ciplukan memiliki banyak manfaat dan khasiat baik buah, batang, daun bahkan akar. Berikut khasiat ciplukan bagi kesehatan diantaranya adalah :
  • Melawan Kangker
Bagian utama pada ciplukan yang dapat melawan kangker adalah bagian daun dari ciplukan.  Menurut beberapa penelitian kesehatan steroid yang terdapat pada daun dan buah ciplukan telah terbukti mampu melawan dan membunuh sel-sel ganas kanker yang tumbuh secara ganas dalam tubuh. Dan dalam studi tersebut telah membuktikan bahwa ramuan buah ciplukan ternyata mampu mengecilkan ukuran tumor atau kanker tersebut.
  • Mengobati Kangker Payudara
Kangker payudara ternyata juga dapat di atasi dengan ciplukan. Caranya, pucuk yang mudah dicampur dengsn empat biji beras dan tunas kunyit. Kemudian digiling dengan parutan kelapa sampai lumat. Setelah itu ramuan tadi langsung ditempelkan pada payudara.
  • Mengatasi Hipertensi
Hipertensi atau yang sering di sibut dengan darah tinggi ternyata dapat diatasi dengan buah ciplukan. Caranya, cukup mudah hanya siapkan 5 gram ciplukan yang telah di keringkan kemudian rebus dengan air kurang lebih 110 ml selama 10 - 15 menit sambil diaduk. Selanjutnya di saring dan diminum setelah dingin 2 kali sehari. Jangan terlalu lama menyimpan minuman ini karena sifatnya mudah rusak.
  • Mengobati Asma
Untuk mengobati asma menggunakan ciplukan caranya cukup mudah hanya dengan menoleskan ramuan yang telah di buat pada bagian dada, perut, dan punggung atau meminumnya. Cara membuatnya ambil daun dan batang dari buah ciplukan, rebus dan minum air rebusan tersebut. Atau ambil daunnya, kemudian campur dengan kapur sirih lalu dihancurkan dengan menggunakan kedua telapak tangan. Kemudian basahkan dengan air. Setelah itu gumpalkan pada telapak tangan sehingga keluar air berwarna hijau keputih-putihan serta buih.
  • Mongobati Penyakit Jantung
Ciplukan juga dapat mengobati penyakit jantung caranya dengan mengambil 40 helai daun ciplukan dan hancurkan dengan blender seperti jus, kemudian minum tanpa campuran apa-apa. Selain dibuat seperti jus, daunnya juga bisa kita makan langsung, tapi pastikan sudah dicuci dengan bersih.
 
Untuk manfaat ciplukan yang lainya diantaranya :
  1. Menyembuhkan bisul
  2. Anti racun
  3. Mengobati kurap
  4. Menurunkan demam
  5. Meluruhkan ginjal dan masih banyak lagi yang lainya
Tumbuhan dan buah ciplukan ternyata memiliki segudang manfaat yang tak terfikirkan oleh kebanyakan orang. Yang pada mulanya ciplukan hanya di anggap sebagai tumbuhan liar, tanaman semak atau gulma, kini ciplukan dapat gunkan sebagai penunjang untuk kesehatan semua ornag. Namun untuk di ketahui jangan mengkonsumsi ciplukan bersamaan dengan kopi karna konon katanya malah dapat membuat keracunan.

Comments