Lidah Mertua yang Berguna Untuk Lingkungan

Pasti banyak yang bertanya – tanya kenapa tanaman yang satu ini disebut dengan lidah mertua. Namun tanaman ini tidak hanya di sebut dengan lidah mertua ada juga yang menyebutnya pedang – pedangan karena bentuknya yang mirip dengan pedang panjang dan tajam. Lantas mengapa tanaman ini lebih populer dengan sebutan lidah mertua. Di mukinkan karena perkataan mertua sering dianggap tajam oleh para menantu seperti tanaman ini. Padahal, tajamnya ucapan mertua kebanyakan bertujuan untuk memberi motivasi dan masukan kepada para menantu.

Tanaman lidah mertua merupakan tanaman yang cukup banyak di budidayakan di Indonesia. Biasanya tanaman lidah mertua ditanam di sekitar pekarangan rumah ataupun ditanam di dalam pot. Tanaman lidah mertua memiliki bentuk yang bagus sehingga banyak orang yang menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias. Selain itu tanaman lidah mertua juga sangat mudah di budidayakan karena memiliki tingkat adaptasi yang tinggi dan tidak memerlukan banyak air.

Tanaman lidah mertua selain indah dan cantik juga memiiki segudang manfaat yaitu diantaranya sebagai berikut :
  • Menyerap Polusi Udara
Tanaman lidah mertua memiliki kemampuan untuk menyerap polutan yang mencemari udara. Tanaman lidah mertua dapat menyerap lebih dari 107 jenis polutan yang mencemari udara yang dapat mengaggu kesehatan. Diantaranya adalah benzene, xilen, karbondioksida, dan masi banyak lagi yang lainya dimana polutan ini dapet memicu penyebab terjadinya kangker. Maka dari itu tanaman ini sangat cocok ditanam dipekarangan rumah dan pinggir jalan untuk mengurangi polusi udara.
  • Menetralisir Ruangan
Selain dapat menyerap polutan yang diluar ruangan ternyata lidah mertua juga dapat menetralisir udara yang ada di ruangan. Sebagaimana kita tahu bahwa dirungan sangat banyak cemaran udara seperti karbondioksida, gas AC, sampai nikotin dari asap rokok hingga sangat cocok diletakkan di dalam rumah yang terdapat anggota keluarga yang merokok. Untuk mengatasi hal tersebut cukup dengan menanam lidah mertua dalam pot kemudian letakkan di dalam ruangan. Menutut beberapa penelitian lidah mertua yang memiliki 4 hingga 5 helai daun dapat menetralisir ruangan seluas 20 meter persegi.
  • Menyerap Radiasi
Seringnya anggota keluarga yang menggunakan gudget ataupun alat elektronik yang lain tentu menimbulkan adanya radiasi yang dapat mengancam kesehatan. Ternyata lidah mertua juga dapat menyerap radiasi yang dihasilkan oleh barang – barang elektronik. Maka sangat cocok jika lidah mertua ditanam didalam pot lalu diletakkan di ruangan tempat nonton tv atau ruangan kumpul keluarga.
  • Mengusir Bau
Lidah mertua ternyata dapat menyerap bau yang tak sedap sehingga sangat cocok untuk di tanam di pekarnagan rumah yang dekat dengan selokan. Selain itu di negara seperti Jepang lidah mertua banyak digunakan sebagai penyerap bau tak sedap yang di timbulkan oleh perabotan rumah tangga. Maka lidah mertua juga cocok ditanam di tempat – tempat yang cenderung mengeluarkan bau tak sedap seperti di dapur dan kamar mandi.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari lidah mertua ternyata selain dapat digunakan sebagai hiasan di pekarangan dan dalam rumah tenyata lidah mertua juga membantu menjaga kesehatan. Maka gunakan tanaman hias tidak hanya yang indah namun memiliki banyak manfaat seperti lidah mertua.

Comments