Skip to main content

Putrimalu Penuh Akan Khasiat

Mungkin ketika kita masih kecil kita sering bermain-main dengan tanaman yang satu ini, keunikan yang dimilikinya membuat kita semua tertarik, dimana ketika disentuh tanaman yang satu ini selalu mengatup. Tanaman putri malu sering kali kita jumpai di baik di pekarangan rumah dan di sekitar semak. Selain itu tanaman ini juga sering di anggap sebagai tanaman mengganggu ataupun gulma.
Sumber Gambar : http://kemanaajaboleeh.com
 
Selain memiliki keunikan dan sering dianggap sebagai tanaman pengganggu ternyata tumbuhan pemalu ini memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan. Beberapa senyawa kimia yang dikandung tanaman putri malu di antaranya alkaloid mimosina, flavonoid, tanin, terpenoid, glikosida, kalsium oksalat, asam jasmonat, noradrenaline, turgorina, dan mimopudina. Kandungan itulah yang dapat di maanfaatkan sebagai obat dan penunjang kesehatan kita.
 
Beberapa khasiat atau kegunaan tanaman putri malu adalah sebagai berikut :
  • Mengobati Rematik
Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Tanaman putri mali ini ternyata dapat dijadikan salah satu obat alternatif yang dapat menyembuhkan rematik. Cara menggunakan putri malu untuk obat rematik cukup mudah yaitu dengan merebus 2 genggam putri malu dengan ari 300 cc kemudian diminum selagi hangat.
  • Mengobati Asma
Asma merupakan jenis penyakit yang tergolong kronis pada saluran pernapasan. penyakit ini ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Penyakit ini dapat di obati dengan tanaman putri malu caranya cukup mudah cukup dengan merebus 10 gram herba putri malu dalam 100 ml air. Rebus selama 15 menit dan setelah dingin anda bisa mengonsumsinya 3x sehari sebanyak 1-2 sendok makan.
  • Mengatasi Insomnia
Penderita insomnia sering dihadapi dengan kesulitan untuk tidur. Gejala insomina sering kali diikuti dengan gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Cara mengobati insomnia dengan putri malu cukup dengan menyiapkan tanaman putri malu segar (kurang lebih 30 g). Tambahkan 3 gelas air, lalu rebus sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum pada malam hari sebelum tidur.
  • Mengatasi Batuk Berdahak
Batuk merupakan penyakit yang hampir setiap orang pernah mengalaminya. Batuk berdahak rupanya dapat di obati dengan tanaman putri malu. cara menggunakan putri malu sebagai obat batuk berdahak cukup mudah yakni dengan menyiapkan tanaman putri malu (15-30 g). Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan diminum pada malam hari sebelum tidur.
 
Tanaman pemalau ini memang cukup banayak kegunaannya bagi kesehatan dan dapat digunakan sebagai obat alternatif. Untuk memanfaatkan tanaman putrimalu ini sebagai obat perlu tingkat kehati - hatian dikarenakan tanaman ini memiliki duri yang dapat melukai tangan.

Comments