Skip to main content

Khasiat Jahe



Jahe merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan dalam bumbu masakan oleh ibu - ibu didapur. Selain sebagai bumbu masakan jahe juga sering digunakan sebagai campuran dalam minuman yang dapat menghangatkan badan di cuaca yang dingin. Sebagai tanaman herbal jahe dan memiliki kandungan zat - zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan hingga kecantikan. Berikut beberapa manfaat jahe :
  • Menghilangkan Jerawat
Tidak hanya digunakan seebagai bumbu masakan dan kesehatan ternyata jahe juga dapat digunakan sebagai kencantikan yaitu digunakan utuk menghilangkan jerawat. Untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan jahe caranya sangat mudah. Jahe yang sudah dibersihkan pijatkan pada wajah sampai keluar cairan minyaknya kemudian tutup semua muka dengan irisan jahe merah.
  • Menurunkan Berat Badan
Sifaat jahe yang memberi sensasi panas dalam tubuh sehingga dapat membantu untuk membakar kalori dalam tubuh dan juga dapat mengurangi nafsu makan. Jahe juga hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak menyumbang andil yang besar tehadap benambahan berat badan. Caaranya cukup mudah hanya dengan meminum air perasan jahe secara rutin.
  • Mengatasi Mabuk Perjalanan
Dengan membawa jahe dalam perjalanan ternyata bukan hal yang sia - sia ternyata jahe dapat mengatasi mabuk perjalanan. Hal ini dikarenakan jahe memiliki aroma terapi dan dapat menghangatkan badan. Cara nya cukup sederhana dangan membuat wedang jahe atau menghirup aroma yang dikelurkan dari jahe.
  • Mengatasi Batuk dan Radang Tenggorokan
Jahe memiliki sifat yang menghangatkan badan. Sifat jahe yang menghangatkan iniliah yang sangat membantu dalam mengurangi dan mengobati batuk dan radang tenggorokan.
  • Mengatasi Morning Sickness
Kebanyakan Ibu hamil sering mengalami mual - mual di pagi hari atau yang sering di sebut dengan Morning Sickness. Keadaan tersebut ternyata dapat diatasi dengan Jahe, caranya cukup sederhana dengan cara meminum wedang jahe di setiap pagi atau bangun tidur.
  • Mengatasi Mual dan Kembung
Berkendara menggunakan motor dan terlalu lama berada di luar ruangan dengan cuaca dingin seringkali memicu terjadinya mual dan kembung. salah satu pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan meminum air seduhan rimpang jahe agar lambung menjadi nyaman dan perut terhindar dari rasa mual dan kembung.
Jahe memiliki banyak kegunaan dalam bidang kesehatan hal ini tentu tidak terlepas adari kandungan dari jahe itu sendiri. Namun sangat perlu diperhatikan bagi penderita penyakit maag akut sangat tidak di rekomendasikan untuk mengkonsumsi jahe dalam sekala besar atau sering. Hal ini dikarenakan kandungan jahe dapat membuat lambung terasa seperti kebakar.
Jadi, untuk penderita maag jangan mengkonsumsi jahe terlalu banyak demi keamanan dan kesehatan. Jika mengkonsumsi terlalu banyak atau berlebihan maka bukan manfaat yang di dapat melainkan penyakit. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik.

Comments