Khasiat Daun Kelor Untuk Kulit

Kelor adalah jenis tanaman yang mungkin sudah tak asing lagi ditelinga kita. Tanaman yang satu ini telah banyak dimanfaatkan daunnya sebagai sayuran, bahkan buahnya yang disebut “klentang” sudah bukan barang baru dipasaran. 
 
Sumber Gambar : daunkelor.org
 
Para pemerhati dan peneliti kesehatan telah memberikan julukan kepadanya sebagai “The Miracle tree” dan “The Elixir of Long Life”, karena mengetahui kemampuan ajaibnya untuk kesehatan tubuh keseluruhan. Hal ini tak berlebihan karena semua bagian tanaman termasuk yang kulit kayu, akar, daun, bunga, biji, getah dan polong kelor adalah gudangnya nutrisi serta antioksidan.
 
Beberapa bagian dari tanaman kelor yang paling sering manfaatkan adalah daun, bunga, akar, dan biji. Biji dan akar kelor biasanya diekstrak untuk diambil minyaknya, serta daun, polong, dan bunganya dikonsumsi sebagai sayuran. Kulit, getah, biji, minyak, daun, akar, dan bunga juga digunakan dalam pembuatan obat tradisional diberbagai negara.
Berikut manfaat untuk kulit :
 
1. Asupan nutrisi yang tepat sangat penting untuk mendapatkan kulit yang sehat. Kelor kaya akan nutrisi seperti kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E; serta mineral termasuk tembaga, zat besi, seng, magnesium, silika dan mangan. Tanaman ini juga memiliki sifat pelembab memiliki kemampuan pembersih yang sangat baik, sehingga sering digunakan sebagai bahan aktif untuk produk perawatan kulit.
 
2. Dampak radikal bebas pada kulit menyebabkan munculnya keriput dan membuat kulit menjadi cepat keriput dan muncul flek hitam. Kelor dengan kapasitas antioksidannya yang tinggi bisa membantu membersihkan kerusakan sel-sel kulit dari efak radikal bebas dan memulihkannya menjadi muda kembali.
 
3. Daun kelor mengandung sekitar 30 jenis antioksidan yang semuanya berperan besar terhadap kesehatan kulit. Minyak moringa sangat diserap kulit sehingga membantu memberikan antioksidan untuk melindungi sel-sel kulit.
 
4. Sulfur terdapat dalam setiap sel tubuh dan merupakan bahan utama untuk pembentukan kolagen dan keratin. Kolagen adalah zat elastis yang memberikan kelembutan dan flesibilitas pada kulit. Sementara keratin adalah zat yang kaku yang memberikan kekuatan untuk kulit. Kedua zat ini akan membentuk sebagian besar jaringan kulit, yang terdiri dari protein yang diibangun dari sulfur. Daun kelor mengandung sulfur yang tinggi.
 
5. Ekstrak biji buah kelor merupakan bahan yang populer untuk industri kosmetik, karena memiliki manfaat untuk terapeutik dan memurnikan kulit. Ini adalah kemampuan untuk menyaring kotoran dalam kulit dan bersifat detoksifikasi dan meremajakan kulit, yang akan meningkatkan warna alami kulit. Bubur yang terbuat dari daun kelor mampu memperindah kulit dan dapat digunakan sebagai masker wajah.
 
6. Bubuk biji kelor seing digunakan sebagai bahan aktif untuk krim pembersih dan lotion, yang akan memberikan perlindungan kulit dari asap dan polusi.

Comments