Skip to main content

Khasiat dan Manfaat Tanaman Liar

Tanaman liar seringkali dianggap sebuah gulma atau pengaggu yang segaja di buang. Tanaman liar seringkali tumbuh di pekarangan rumah, dan juga perkebunan. Kebanyakan orang selalu menfonis bahwa tanaman liar sibagai tanaman penggangu dan juga dapat mengaggu namun jangan salah sangka terlebih dahulu kepada tanaman liar yang ada di sekitar kita. Ternyata banyak tanaman liar di sekitar kita yang memiliki khasiat dan manfaat terutama bagi kesehatan.
Bagi kebanyakan orang yang sering menggunakan obat – obatan herbal tentu tidak terlalu asing terhadap beberapa tanaman liar yang dapat dijadikan obat. Selain dapat dijadikan sebagai obat tanaman liar ini dapat menjadi salahsatu alternatif sebagai penunjang untuk menjaga kesehatan tubuh.
Berikut beberapa tanaman liar yang sering dijumapi di lingkungan yang kaya akan khasiat :
  • Ciplukan
Sumber Gambar : http://ciplukan.com
Ciplukan merupakan tanaman yang serin tumbuh dan dijumpai di pekarangan rumah, lahan pertanian, kebun dan pada lahan – lahan terbuka. Ciplukan merupakan tanaman yang sangat kaya akan khasiat bagi kesehatan dan dapat mengobati beberapa penyakit. Seluruh bagian dari tanaman ciplukan mulai dari buah hingga akar dapat dimanfaatkan bagi kesehatan. Ciplukan memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai anti kanker, obat batuk, obat bisul, mengatasi hipertensi, mengobati asma, penyakit jantung dan masih banyak yang lainnya.
  • Alang – Alang atau Ilalang
Sumber Gambar : http://www.jadipintar.com
Alang – alang sering sekali dianggap sebagai gulma atau tanaman pengaggu di lahan pertanian. Selain itu alang – alang sangat sulit untung dihilangkan karena alang -alang memiliki dayatahan tumbuh yang baik dan juga memiliki dayatahan yang kuat. Alang – alang juga memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat. Meskipun alang – alang dianggap sebagai tanaman penggangu ternyata alang – alang memiliki khasiat yang berguna bagi kesehatan. Bagian yang dapat dimanfaatkan bagi kesehatan pada alang – alang adalah bagian akar atau rimpang dari alang – alang. Akar alang – alang memiliki khasiat untuk mengobati panas dalam, sariawan, demam, obat sakit ginjal, mimisan dan kencing darah.
  • Bandotan
Bandotan merupakan tumbuhan liar dan lebih dikenal sebagai tumbuhan pengganggu (gulma) di kebun dan di ladang. Tumbuhan ini, dapat ditemukan juga di pekarangan rumah, tepi jalan, tanggul, dan sekitar saluran air. Manfaat dari bandotan sendiri bagi kesehatan adalah Bandotan berkhasiat stimulan, tonik, pereda demam, antitoksik, menghilangkan pembengkakan, menghentikan perdarahan, peluruh haid, peluruh kencing, dan pelumuh kentut.
  • Putri Malu
Sumber Gambar : http://belajarberkebun.com
 
Putri malu memiliki ciri yang sangat khas yaitu jika disentuh maka daun – daunnya menutup. Daun putri malu memiliki duri di sekitar tangkai dan daunnya, sehingga perlu kehati – hatian pada saat pengambilan. Didalam daun putri malu sangat banyak kandungan senyawa yang dapat dimanfaatkan bagi kesehatan. Para ahli pengobatan cina dan juga AS mengindikasikan bahwa tanaman putri malu dapat mengobati radang mata akut, kencing batu, panas tinggi, dan herpes.
 Tanaman liar tak selamanya menjadi tanaman pengaggu taupun gulma yang harus di bunang tanpa dimanfaatkan. Karena ternyata beberapa tanaman liar justru memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan dan bahkan dapat mengobati berbagaimacam penyakit. selain itu tanaman liar juga dapat dijadiakn obat alternative atau obat herbal yang menyehatkan. Masih banyak tanaman liar yang bermanfaat bagi kesehatan seperti krokot, rumput muti

Comments