Khasiat dan Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan

Susu merupakan sebuah minuman yang kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh. Susu sendiri dihasilkan dari ambing hewan mamalia betina. Susu yang populer dikalangan masyarakat hanyalah susu yang berasal dari sapi dan susu kedelai. Susu yang berasal dari sapi memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh begitu pula susu kedelai, namun ternyata susu yang dihasilkan oleh kambing memiliki khasiat tersendiri guna kesehatan.
 
Sumber Gambar :https://kampung99.files.wordpress.com/2011/12/begini-caranya-luhatin-dulu-ya.jpg
Susu kambing merupakan susu yang dihasilkan dari kambing betina setelah melahirkan. medkipun susu kambing belum populer di kalangan masyarakat ternyata susu kambing memiliki kualitas nutrisi yang tinggi serta kaya akan vitamin seperti, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin B2, Vitamin C, Vitamin D, laktosa, nitrogen, kalsium, zat besi, fosfor dan juga protein. Sehingga susu kambing sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dalam sehari-hari.
Berikut adalah khasiat susu kambing yang berguna bagi kesehatan :
  • Memperlancar Sistem Pencernaan
Menurut penelitian para ahli di Journal of American Medicine, susu kambing merupakan susu yang memiliki kandugan yang kompleks atau lengkap. Dalam susu etawa terdapat vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dengan unsur yang baik bagi lambung menjadikan susu kambing dapat dengan mudah dan cepat dicerna oleh tubuh. Susu kambing dapat dicerna sangat cepat yakni sekitar 20 menit sedangkan untuk susu sapi sekitar 2 – 3 jam.
  • Mengobati TBC dan Asma
Susu kambing dapat di gunakan sebagai alternatif untuk mengobati TBC dan asma karena pada susu kambing terdapat kandungan flourin dan betakasein. Kandungan flourin dan betakasein pada susu kambing lah yang berperan dalam mengoati asma dan TBC.
  • Menjaga Kesehatan Jantung
Susu kambing memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Kandungan Kalium (Potassium) yang terkandung dalam susu kambing yang berfungsi untuk menetralkan tekanan darah sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dengan baiknya kinerja jantung maka peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar selain itu pembulu darah juga menjadi lancar sehingga dapat terhindar dari stroke.
  • Mengobati Maag dan Asam Lambung
Bagi penderita maag ternyata cukub baik bila mengkonsumsi susu kambing. Hal ini dikarenakan susu kambing mengandung magnesium yang sangat berguna untuk mengobati maag dan asam lambung.
  • Menguatkan Tulang dan Mengatasi Rematik
Didalam susu kambing memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk pembentukan tulang. Mengkonsumsi susu yang tinggi kalsium sangat dianjurkan bagi penderita tematik. Selain itu susu kambing juga dapat mencegah terjadinya Osteoporosis
  • Meningkatkan Kecerdasan Otak
susu kambing mengandung Riboflavin (Vit B2) dan B3,  yang bermanfaat untuk tumbuh kembang sel otak dan sel sistem syaraf. Susu kambing sangat di rekomendasikan di konsumsi oleh ibu hamil karena diharapkan agar membantu meningkatkan kecerdasan anak dalam kandungan.
  • Antiseptik Alami
Terya didalam susu kambing terdapat Kandungan fluorine. Fluorine sangat berperan dalam antiseptik  alami dan dapat membantu menekan pembiakkan bakteri jahat dalam tubuh.
Masih cukup banyak manfaaat susu kambing bagi kesehatan tubuh. Selain mengkonsumsi susu kambing untuk menjga kesehatan di haruskan menjaga pola hidup yang baik menjaga asupan makanan yang baik dan juga berolahraga. Karena hanya dengan meminum susu kambing saja tidaklah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh, semuanya harus seimbang. 

Comments