khasiat dan Manfaat Sawi Putih

Sawi Daging memiliki nama keren, yaituPakcoy. Sayuran ini sangatlah populer di dunia boga ataupun kuliner. Karena sayuran ini sangat mudah dalam proses pengolahannya. biasanya sayuran ini digunakan sebagai campuran dalam beberapa tumisan ataupun mie. Ternyata dibalik itu semua sawi memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Image: tipsberkebun.com

Manfaat sawi untuk kesehaan taklepas dari kandungan yang ada dildalam sawi itu sendiri. sawi mengandung gizi berupa asam folat, serat, protein, zat besi, kalsium, mangan, dan berbagai vitamin yang kadarnya cukup tinggi, misalnya vitamin A, C, E sdan K. kandungan itu semua sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Berikut beberapa anfaat dan kasiat sawi yang dilansirdari www.khasiat.co.id :

1. Mengandung Vitamin K

Vitain K pada Sawi Daging Kadarnya sekitar 419,3 mkg setiap satu cangkirnya. Kebutuhan tubuh perharinya akan tercukupi dengan mengonsumsi per cangkir itu. Adapun manfaatnya bagi kesehatan, yaitu mampu memperlancar berlangsungnya pembekuan darah. Fungsinya sebagai vitamin koagulasi sehingga semua itu dapat terwujud. Selain itu, terjadinya timbunan plak akibat kalsium juga dapat dikurangi.

2. Menyehatkan Kornea Mata

Meminum secangkir jus Sawi Daging setiap hari. Berguna menyehatkan kornea mata kita dari berbagai macam gangguan yang akan menyerangnya. Sebab vitamin A pada setiap cangkirnya tergolong tinggi, yaitu sekitar 84,9% dari kebutuhan tubuh masnusia.Maka dari itu, konsumsilah agar mukus dapat dikeluarkan dengan maksimal, sehingga infeksi tak akan terjadi.

3. Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Asam folat pada Sawi Daging tergolong tinggi, semua itu sangatlah baik apabila dikonsumsi oleh Ibu hamil. Apabila pasca melahirkan mengalami anemia, sayur ini dapat segera mengatasinya. Jadi kamu tak perlu khawatir lagi, karena komponen molekul DNA juga akan tercukupi.
 

4. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Gula Darah yang Tinggi

Serat pangan yang begitu banyak menjadikan Sawi Daging sangat bermanfaat bagi kesehatan. Saluran pencernaan akan dengan mudah berkerja, dan tinja pun akan lancar keluarnya. Bahkan kadar kolesterol dan gula darah yang tinggi juga dapat diturunkan.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Proses hidroksilasi 2 asam amino berupa lisin dan prolin dapat berjalan lancar, dengan adanya vitamin C pada Sawi Daging. Kabarnya kedua kandungan tersebut adalah komponen pembentuk kolagen. Sehingga saat kamu luka, dapat segera dipercepat penyembuhannya.

6. Kaya Akan Protein

Protein yang berperan sebagai penghubung antar syaraf berupa triptotan ada pada manfaat Sawi Daging. Sehingga kebiasaan kamu seperti pola tidur, dan makan akan dikontrol oleh kandungan itu. Sehingga kesadaran ataupun gerakan kamu akan lebih rileks.

7. Mengandung Kalsium

Kekurangan kalsium pada tubuh dapat menyebabkan terkena tekanan darah tinggi, osteoporosis, dan mudah patahnya tulang. Sawi Daging sangat baik untuk mencukupi kalium yang tubuh manusia butuhkan, sehingga kejadian itu tak dapat terjadi. Untuk itu konsumsilah sayur ini agar mineral yang satu ini dapat kamu dapatkan.

8. Mencegah Kanker Prostat

Kabarnya orang yang memakan 3 porsi Sawi Daging dalam seminggu, resiko terkena kanker prostat 50% lebih rendah daripada yang Cuma seminggu sekali memakannya. Oleh karena itu kamu perlu menerapkan kebiasaan rajin makan sayur ini, untuk kesehatan tubuh.

9. Mengatasi Insomnia

Magnesium merupakan suatu mineral yang sangat membuat Sawi Daging, menjadi berguna bagi manusia. Terutama dalam mengatasi insomnia, sebab asupannya membuat pikiranmu jadi rileks dan stress pun hilang. Sehingga pola tidur akan semakin berkualitas.

10. Mencegah Terkena Serangan Jantung

Kadar kolesterol tinggi pada tubuh akan dapat turun, dan proses ateroskerosis juga dapat dihindari dengan adanya niasin pada Sawi Daging. Adanya hal itu membantu perangsangan agar prostaglandin 12 dapat terbentuk, dan serangan jantung menjadi dapat dicegah.

Comments