Bandotan Si Gulma yang Kaya Akan Manfaat

Bandotan atau yang dalam bahasa latinnya memiliki nama Ageratum conyzoides L pada awalnya merupakan tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar kebun. Setellah di kaji dan dipelajari ternyata tanaman yang di anggap sebagai tanaman pengganggu ini memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan. Mulai dari penyakit ringan seperti influenza, hingga penyakit berat seperti tumor rahim dapat diobati dengan ramuan daun bandotan.
Sumber Gambar : https://www.bundakonicare.com
Berikut adalah beberapa manfaat dari babotan :
  • Rematik( istilah kedokteran : reumatik), bengkak karena keseleo : Sediakan satu genggam daun dan batang muda tumbuhan bandotan segar, satu kepal nasi basi, dan 1/2 sendok teh garam. Selanjutnya, cuci daun dan batang muda sampai bersih, lalu tumbuk bersama nasi dan garam. Setelah menjadi adonan seperti bubur kental, turapkan ramuan ke bagian sendi yang bengkak sambil dibalut. Biarkan selama 1-2 jam, lalu balutan dilepaskan. Lakukan perawatan seperti ini 2-3 kali sehari.
  • Melawan influenza dan malaria : Infeksi virus yang terjadi pada penderita flu dan malaria dapat diobati dengan bandotan. Rebus 60 gram daun tombak dengan dua gelas air hingga tersisa segelas saja. Minum airnya setelah agak dingin, dua kali sehari.
  • Mengobati Penyakit Tumor rahim : Rebus 30-60 g herba bandotan kering segar atau 15-30 g herba kering dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Selain direbus, herba segar dapat juga ditumbuk. Air rebusan atau air perasannya diminum satu gelas sehari.
  • Demam : Tumbuk akar bandotan hingga halus kemudian campurkan dengan minyak kayu putih dan oleskan pada bagian dada dan leher.
  • Perawatan Rambut : Siapkanlah daun dan batang bandotan segar lalu, cucilah sampai bersih kemudian tumbuk sampai halus. Oleskanlah hasil tumbukan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Tutuplah kepala dengan sepotong kain. Biarkan selama 2-3 jam kemudian bilaslah rambut kita.
  • Mulas dan Perut Kembung : Potong-potong buah tombak, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum airnya dengan segera.
Tidak semua tanaman yang di anggap gulma tidak bermanfaat bagi kita. Contohnya Bandotan ternyata memiliki banyak sekali kegunaan. Semua yang ada di lingkungan kita memiliki manfaat tergantung bagaimana untuk menggunakannya.

Comments